jejak tulisan si kaki kecil

11 Alat Penting yang Wajib Ada di Bengkel Mobil

Konten [Tampil]
Alat pengujian otomotif Launch yang wajib ada di bengkel mobil

Hai, kawan si Kici!

Siapa nih yang sedang berencana untuk membuka bengkel mobil? Atau ingin memberikan kado buat pasangan tercinta yang memiliki bengkel mobil?

Bengkel mobil biasanya jadi tempat untuk kita melakukan perawatan mobil agar bisa lebih nyaman digunakan dan juga lebih awet bisa digunakan lebih lama. Nah, tentunya kita membutuhkan perlengkapan untuk melakukan pengecekan hingga bongkar pasang agar memudahkan.

Belakang ini tingkat kepemilikan mobil bertambah setiap tahunnya sehingga jika memang ingin membuka bisnis bengkel mobil bisa menjadi pertimbangan. Jika pun sudah memilikinya kita perlu mengupgrade alat-alat yang digunakan melihat perkembangan mobil yang berubah tak hanya menggunakan bensin atau solar tetapi memanfaatkan listrik.

Sehingga alat-alat yang digunakan perlu dipastikan bisa memfasilitasi pelanggan yang ingin melakukan perawatan mobil. Agar bisnis yang dimiliki bisa tetap bertahan dan tentunya berkembang terus.

11 Alat yang Wajib Ada di Bengkel Mobil

Dalam membuka bisnis bengkel tentunya akan membutuhkan banyak alat tetapi kita bisa loh mempertimbangkan beberapa alat penting yang wajib ada. Sehingga cukup untuk membuka bisnis bengkel mobil sebelum nantinya melengkapi semua perkakas kendaraan yang ada.

Kira-kira apa aja si alat yang wajib ada di bengkel mobil dan apa si fungsinya dalam melakukan perawatan atau perbaikan mobil?

1. Dongkrak

Siapa si yang gatau dongkrak? Jika kita biasanya menggunakan dongkrak hanya untuk mengganti ban. Ternyata dongkrak sangat penting ketika memilih membuka bengkel. Apalagi jika mobil yang pendek, pastinya membutuhkan untuk melakukan pengecekan di bagian bawah mobil.

Biasanya dongkrak yang dibutuhkan bisa mengangkat mobil keseluruhan, tidak hanya bagian tertentu saja. Dongkrak ini pun akan lebih memudahkan jika otomatis karena bisa menghemat tenaga agar bisa fokus dalam melakukan pengecekan ataupun perbaikan mobil.

2. Kunci Inggris

Alat kalibrasi kunci inggris
Alat penting yang biasanya digunakan untuk melakukan bongkar pasang adalah kunci inggris. Biasanya kita memerlukannya untuk mengencangkan baut pada kendaraan. Jika tak ada maka kita akan kesulitan untuk melakukan perbaikan. Sehingga kita memerlukan kunci inggris dengan berbagai ukuran agar memudahkan dalam melakukan bongkar pasang kendaraan.

3. Gunting Rem

Rem sangat penting dalam kendaraan. Jika tidak berfungsi dengan baik maka bisa menyebabkan sebuah kecelakaan. Sehingga ketika kita melakukan pengecekan sangat perlu melakukan pengecekan rem apakah masih bisa melakukan pengereman dengan baik atau tidak.

Nah, salah satu alat yang digunakan untuk meningkatkan performa pengereman agar bisa lebih baik dari sebelumnya adalah gunting rem. Gunting rem ini digunakan untuk menghilangkan udara yang ada di dalam sistem rem. Nantinya rem kendaraan yang telah dihilangkan udarakan akan bisa melakukan pengereman lebih baik.

4. Alat Pengisi Angin Ban

Rasanya alat untuk mengisi angin ban wajib ada di setiap bengkel. Sudah menjadi sebuah prosedur ketika kita melakukan perawatan atau pengecekan di bengkel, pasti ban akan diisi angin jika memang membutuhkan. Sehingga kendaraan lebih nyaman digunakan dan ban pun tidak mengalami kebocoran akibat kekurangan angin.

5. Alat Perbaikan OBD-II

Alat perbaikan ABD-II akan memudahkan mekanik dalam melakukan perbaikan karena bisa melakukan diagnosis masalah hanya dengan menghubungkan kendaraan dengan alat tersebut. Alat kalibrasi ini akan membaca kode yang bermasalah dan kita bisa melakukan perbaikan sesuai dengan diagnosis yang muncul pada software uji otomotif.

6. Mesin Gerinda

Perkakas kendaraan mesin gerindra
Jika kita menginginkan bisa melakukan modifikasi atau perbaikan mobil yang rusak maka mesin gerinda sangatlah dibutuhkan. Apalagi mobil akan lebih terlihat jika memiliki lecet kecil. Maka mesin gerinda ini dibutuhkan untuk menghaluskan atau memotong benda-benda yang ingin diperbaiki atau dimodifikasi.

7. Alat Ukur Tekanan Oli

Oli pada kendaraan sangatlah penting karena jika sampai habis akan bisa menyebabkan kendaraan overheat. Alat pengujian otomotif ini bisa digunakan untuk melihat tekanan oli pada mesin sehingga tekanan akan bisa terkontrol untuk menghindari kerusakan mesin.

8. Tang

Tang digunakan untuk membantu mencengkeram komponen kendaraan ketika dilakukan perbaikan atau penggantian komponen. Kadang kala hanya menggunakan tangan kurang kuat atau komponen terlalu kecil sehingga sulit untuk digenggam. Selain itu, tang juga bisa digunakan untuk memotong kabel pada mesin.

9. Jumper Aki

Kadang kala ada aki mobil yang bermasalah sehingga perlu dilakukan pemancingan. Nah, alat ini bisa digunakan untuk memancing aki mobil sehingga mobil bisa menyala. Jika memang setelah dilakukan pemancingan aki mobil tidak lagi bermasalah. Maka mobil tak perlu hingga melakukan penggantian aki cukup dilakukan battery tester dengan jumper aki.

10. Mesin AC

Layaknya AC pada ruangan, AC mobil pun kadang mengalami masalah sehingga perlu dilakukan perbaikan. Mesin AC akan membantu dalam servis AC pada mobil sebagai diagnostic tools sehingga AC bisa berfungsi secara optimal dan mobil terasa dingin kembali.

11. Obeng

Obeng dan diagnostic tools
Pastinya banyak yang gak asing dengan obeng. Nah, alat ini juga dibutuhkan ketika melakukan pemasangan atau pembongkaran karena digunakan untuk mengencangkan atau membuka mur pada mobil.

Rekomendasi Tempat Membeli Peralatan untuk Bengkel Mobil

Masih bingung mencari tempat membeli perkakas kendaraan? Nah, Kawan Lama Sejahtera bisa menjadi solusi. Peralatan yang dijual lengkap dan juga berkualitas sehingga tak perlu pusing mencari di beberapa toko. Apalagi jika membeli di sini kita bisa mendapatkan jaminan kualitas sehingga kita akan merasa aman.

Salah satu produk yang direkomendasi adalah produk LAUNCH. Produk ini bisa ditemukan pada Kawan Lama Sejahtera. LAUNCH untuk dikenal karena kualitasnya yang unggul dan tahan lama. Selain itu, produk LAUNCH juga selalu melakukan inovasi sehingga bisa menyesuaikan dengan kebutuhan perkembangan dunia otomotif.

Nah, gimana nih? Tunggu apa lagi. Yuk, langsung cek produk LAUNCH di Kawan Lama Sejahtera ya!
Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

12 komentar

  1. Kalo suami suami biasanya emang suka nih beli alat alat bengkel buat persiapan di taro di mobil semisalkan di jalan tiba tiba monilnya ada kendala. Aku baru tau tentang Kawan Lama, nanti aku rekomendasiin ke suami deh

    BalasHapus
  2. Banyak juga ya peralatan yang harus dimiliki oleh bengkel. Bisnis bengkel meman menjamur seiring dengan kemudahan kita dalam membeli mobil. Ada yang bisa membeli mobil baru. Dan nggak sedikit pula yang membeli mobil bekas. Intinya, semakin banyak orang yang memiliki mobil sehingga kebutuhan akan bengkel juga pasti meningkat.

    BalasHapus
  3. Semua peralatn di atas ada di garasi saya
    Tapi yang pakai anak-anak saya, hehehe
    Untuk ngutak-ngutik mobil dan sepeda motor
    Paling saya pinjem obeng dan tang untuk benerin panci yang pegangannya goyang

    BalasHapus
  4. Suami termasuk orang yang lengkap peralatan perbengkelan di rumah, walaupun tentunya engga sampai alat-alat berat buat di bengkel beneran sih.
    Paling kunci-kunci pas, dongkrak, dan kompresor punya sih.
    Wah...ada ya peralatan bengkal di kawanlama. Sip lah, nanti scroll-scroll di situ.

    BalasHapus
  5. dari alat-alat penting yang wajib ada di bengkel, saya belum pernah melihat gunting rem. Tapi sebenarnya alat-alat di atas juga wajib ada di dalam mobil. Karena bisa saja mobil ada kendala saat diperjalanan. Misalnya kunci inggris, tang, obeng, termasuk dongkrak.

    BalasHapus
  6. Kawan Lama memang terkenal lengkap peralatannya. Baik untuk kebutuhan rumah tangga maupun untuk bengkel atau industri. Ingat banget, dulu saat masih kerja di pabrik, berbagai alat berat banyak diorder ke Kawan Lama. Kualitasnya terjamin. Bahkan banyak diantaranya ada asuransinya.

    BalasHapus
  7. Obeng ini penting bahkan bukan hanya di bengkel aja. Saya sering badmood kalau pisah sama obeng, karena sulit kalau mau bongkar sesuatu hahaha.
    Misal, mau bersihin benda yang sulit dibersihin di bagian dalamnya.
    Btw, kawan lama ini terkenal banget ya dengan peralatan lengkapnya

    BalasHapus
  8. Wah lengkap sudah list peralatan yang mesti ada di bengkel, tinggal eksekusi buka usahanya. Belanjanya ke Kawan Lama Sejahtera saja yang lengkap dan juga berkualitas sehingga kita akan merasa aman.

    BalasHapus
  9. Mesin gerinda punya manfaat khusus ya buat mobil. Wuah perku nih masuk liat yang perlu ada di bagasi buat antisipasi

    BalasHapus
  10. Aku kemarin juga panik pas alat pompa elektrik kami ga berfungsi.
    Mau beli lagi yang sejenis, asa butuh juga buat sepeda anak-anak dan bola, dkk.
    Hihihi.. akhirnya beli yang beneran lengkap. Dan kudu tilik Kawan Lama agar dapat yang sesuai dengan kebutuhan.

    BalasHapus
  11. Bengkel mobil yang punya peralatan lengkap pasti jadi favorit banget. Jadi tenang juga bawa kendaraan buat diservis di sana.

    BalasHapus
  12. Bengkel mobil ini salah satu ide bisnis pasaran yang bisa dibilang pasti laris, karena selalu dibutuhkan. Apalagi kalau lokasinya ada di rute-rute lintas provinsi.

    BalasHapus

Posting Komentar